Tautan-tautan Akses

AS Tolak Seruan Tiongkok untuk Lanjutkan Perundingan 6 Pihak


Juru bicara Robert Gibbs menyampaikan posisi Gedung Putih mengenai usulan Tiongkok agar kembali berunding dengan Korea Utara.

Juru bicara Robert Gibbs menyampaikan posisi Gedung Putih mengenai usulan Tiongkok agar kembali berunding dengan Korea Utara.

Sebelum kembali ke meja perundingan, Gedung Putih meminta Korea Utara lebih dulu menunjukkan kesungguhan mengakhiri perilaku agresif.

Gedung Putih pada hari Senin menolak seruan Tiongkok untuk melanjutkan perundingan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara. Gedung Putih juga kembali menyerukan Tiongkok untuk menekan Korea Utara menghentikan tindakan yang menggoyahkan keamanan regional.

Juru bicara Robert Gibbs menyampaikan kepada wartawan, Korea Utara perlu menunjukkan kesungguhan niatannya untuk mengakhiri tingkah laku yang agresif. Yang dimaksud Gibbs, adalah penembakan artileri Korea Utara terhadap pulau Yeonpyeong dekat perbatasan laut yang disengketakan antara kedua Korea. Serangan tersebut menewaskan dua orang marinir dan dua orang sipil Korea Selatan.

Gibbs juga mengatakan Korea Utara perlu memberitahukan dunia, negara itu sungguh-sungguh dalam berunding dan akan memenuhi segala kewajibannya.

Korea Utara menarik diri dari perundingan mengenai program nuklirnya pada tahun 2009. Perundingan enam pihak melibatkan kedua Korea, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang.

XS
SM
MD
LG