Tautan-tautan Akses

AS Tolak Pidato Presiden Palestina di Sidang Umum PBB


Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberikan pidato pada Sidang Umum PBB di New York (26/9).

Juru bicara Deplu AS Jen Psaki Jumat (26/9) menilai pidato pemimpin Palestina Mahmoud Abbas di PBB provokatif dan menurutnya, justru tidak produktif.

Amerika telah menolak pidato dari Presiden Palestina Mahmoud Abas di PBB Jumat, katanya didalamnya termuat “penggambaran yang bersifat menantang.”

Berbicara di SU PBB, Abas menuntut agar sebuah jadwal yang pasti bagi penarikan diri Israel dari tanah Palestina yang didudukinya. Ia menuduh Israel melakukan kejahatan perang dalam konflik baru-baru ini dengan kelompok militan Hamas di Jalur Gaza.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki mengatakan, pernyataan yang provokatif seperti itu tidak produktif dan melemahkan usaha untuk memulihkan kepercayaan antara kedua belah fihak.

Abas mengatakan, ia akan mengusahakan sebuah resolusi PBB guna menyusun sebuah jadwal bagi penarikan Israel. Abas mengatakan, jadwal itu akan punya kurun waktu tiga tahun.

Israel telah menerima ide bagi solusi dua negara, tetapi perunding Israel dan Palestina sudah lama mempertikaikan perbatasan dari sebuah negara Palestina di masa depan.

Abas tampil di PBB sehari setelah organisasi Fatah yang dipimpinnya dan Hamas mengumumkan bahwa pemerintah persatuan mereka akan mengambil alih kendali di Jalur Gaza.

Fatah dan Hamas yang memerintah Gaza sepakat membentuk sebuah pemerintah persatuan setelah pembicaraan damai antara Israel dan Penguasa Palestina mengalami kemacetan tahun ini.

XS
SM
MD
LG