Tautan-tautan Akses

AS Tingkatkan Pendanaan Militer di Asia Tenggara


Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel (kiri) bersama Menhan RI Purnomo Yusgiantoro memberikan keterangan pers bersama di Jakarta (26/8).

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel (kiri) bersama Menhan RI Purnomo Yusgiantoro memberikan keterangan pers bersama di Jakarta (26/8).

Amerika telah mengumumkan peningkatan besar dalam pendanaan untuk program pendidikan dan pelatihan militer di Asia Tenggara.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel menyampaikan pengumuman itu hari Minggu dalam pidatonya di Institut Pertahanan dan Keamanan Malaysia di Kuala Lumpur.

Hagel mengatakan anggaran Pentagon terbaru termasuk 90 juta dolar untuk program itu, naik lebih dari 50 persen dibandingkan empat tahun lalu.

Keputusan itu diambil ketika Amerika semakin mengalihkan fokus strategisnya ke wilayah Asia-Pasifik. Hagel mengatakan pemerintah Amerika berupaya "menyeimbangkan" keterlibatan diplomatik, ekonomi dan keamanan dengan Asia Pasifik "untuk mencerminkan meningkatnya keunggulan dan kepentingan Asia Tenggara."

China telah menyatakan keprihatinan atas meningkatnya kepentingan Amerika di kawasan itu, melihatnya sebagai upaya untuk membendung China dan membuat negara-negara tetangganya lebih agresif. China memiliki sengketa yang belum terselesaikan dengan beberapa negara, termasuk Vietnam dan Filipina, mengenai beberapa bagian Laut China Selatan.
XS
SM
MD
LG