Tautan-tautan Akses

AS Tingkatkan Kekuatan Militer di Laut Tengah


Pesawat-pesawat tempur AS siaga di kapal induk USS Dwight D. Eisenhower, yang kini ditempatkan di Laut Tengah (foto: dok).

Pesawat-pesawat tempur AS siaga di kapal induk USS Dwight D. Eisenhower, yang kini ditempatkan di Laut Tengah (foto: dok).

Amerika telah mengirimkan dua kapal induk ke Laut Tengah untuk mendukung kepentingan Eropa dan operasi terhadap ISIS.

Kapal Induk USS Dwight D. Eisenhower tiba di bagian barat kawasan itu Rabu (8/6), sedang kapal Induk USS Harry S. Truman tetap berada di bagian timur Laut Tengah, menurut Kapten Angkatan Laut Loren Terry.

Keduanya Truman dan Eisenhower akan memikul tanggungjawab yang tumpang-tindih di wilayah itu selama sekitar dua setengah minggu sebelum Kapal Truman kembali ke Amerika , kata juru bicara Departemen Pertahanan Amerika, Letnan Kolonel Michelle Baldanza mengatakan kepada VOA.

Kapal Eisenhower ditugaskan pada Armada ke-5 , yang bertanggung jawab bagi kekuatan laut di Timur Tengah.

Seorang pejabat pertahanan Amerika mengatakan kepada VOA, Kapal Eisenhower akan membantu Operasi Inherent Resolve, operasi koalisi yang dipimpin Amerika untuk mengalahkan militan ISIS di Irak dan Suriah, tetapi tidak jelas apakah Kapal Eisenhower akan melakukan serangan anti ISIS dari posisi di Timur Tengah atau dari Teluk Persia.

Peningkatan kehadiran militer Amerika di Laut Tengah bisa meningkatkan ketegangan dengan Rusia, yang dikatakan oleh seorang pejabat pertahanan Amerika juga mengoperasikan kapal perang di Laut Tengah.

Kapal induk Eisenhower akan mengunjungi berbagai pelabuhan Italia dalam beberapa hari mendatang, kata Letnan Kolonel Baldanza. [sp]

XS
SM
MD
LG