Tautan-tautan Akses

AS ‘Tidak Akan Siksa Orang,’ Desak McCain


ARSIP – Senator John McCain, melalui para pendukungnya ketika ia melangkah menuju panggung setelah ditetapkan sebagai pemenang dalam pemilihan pendahulan Partai Republik (30/8). Phoenix, Arizona. (foto: AP Photo/Ross D. Franklin)

ARSIP – Senator John McCain, melalui para pendukungnya ketika ia melangkah menuju panggung setelah ditetapkan sebagai pemenang dalam pemilihan pendahulan Partai Republik (30/8). Phoenix, Arizona. (foto: AP Photo/Ross D. Franklin)

Senator Partai Republik John McCain berkata kepada peserta forum keamanan hari Sabtu, dengan menambahkan ia tidak peduli posisi yang diambil oleh Presiden terpilih Donald Trump untuk persoalan ini.

AS “tidak akan siksa orang,” ujar Senator Partai Republik John McCain kepada para hadirin di forum keamanan hari Sabtu, dengan menambahkan ia tidak peduli posisi yang diambil oleh Presiden terpilih Donald Trump untuk persoalan ini.

McCain, soerang pemimpin kongres di bidang keamanan nasional, berbicara di depan Forum Keamanan Internasional Halifax di Nova Scotia. Sebagai seorang tawanan, ia yang pernah mengalami penyiksaan selama Perang Vietnam, adalah penentang paling vokal terhadap teknik interogasi dengan penyiksaan yang dikenal sebagai ‘waterboarding.’

Trump mengatakan selama kampanye 2016 dan dalam debat pendahuluan Partai Republik di bulan Februari bahwa ia “menggemari” teknik waterboarding, dan sebagai seorang presiden, ia akan “menyetujui teknik interogasi dengan penyiksaan yang lebih mengerikan dari waterboarding.”

Waterboarding, yang memberi efek simulasi seperti orang yang dibenamkan dalam air, digunakan untuk menginterogasi mereka yang dicurigai sebagai teroris di awal tahun 2000-an selama pemerintahan George W. Bush. Kongres telah melarang cara-cara penyiksaan tawanan pada tahun 2006.

“Saya tidak peduli apa yang ingin dilakukan oleh seorang presiden Amerika Serikat. Kita tidak akan melakukan interogasi dengan teknik penyiksaan waterboarding,” ujar McCain. “Kita tidak akan pernah menyiksa orang … metode tersebut tidak akan berhasil.”

McCain, yang pernah menjadi calon presiden dari Partai Republik pada tahun 2008, menyampaikan kepada para peserta forum tersebut hari Sabtu bahwa penyiksaan adalah tindakan ilegal menurut Konvensi Jenewa, dan teknik penyiksaan semacam waterboarding membuat sulit bagi AS untuk mengklaim keunggulan moralitas di dunia.

“Apa yang orang akan katakan tentang Amerika apabila kita melakukan penyiksaan kepada orang-orang?” tanya McCain.

Forum Keamanan Internasional Halifax telah menarik banyak pejabat puncak di bidang pertahanan dan keamanan dari negara-negara Barat yang demokratis untuk mendiskusikan serangkaian ancaman global, termasuk terorisme, serangan siber, perubahan iklim, dan stabilitas ekonomi. [ww]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG