Tautan-tautan Akses

AS

AS Upayakan Koalisi Internasional untuk Tanggapi Suriah


Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel di Istana Malacanang, Manila, Filipina (30/8).

Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel di Istana Malacanang, Manila, Filipina (30/8).

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel mengatakan Amerika akan terus mengupayakan koalisi internasional dalam merespons dugaan penggunaan senjata kimia oleh militer Suriah, Jumat (30/8).

Sehari setelah Majelis Rendah Parlemen Inggris menolak mosi bagi partisipasi Inggris dalam serangan militer terhadap Suriah, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel mengemukakan tanggapannya kepada wartawan di Manila, Jumat (30/8), bahwa Amerika akan terus mengupayakan koalisi internasional dalam merespons dugaan penggunaan senjata kimia oleh militer Suriah.

PM Inggris David Cameron mengatakan kepada para anggota legislatif bahwa serangan militer merupakan respon terhadap kejahatan perang, bukan upaya untuk menggulingkan pemerintah Suriah.

Presiden Perancis Francois Hollande, hari Jumat, mengatakan keputusan parlemen Inggris tidak akan mempengaruhi sikap negaranya terhadap Suriah. Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Le Monde, ia mengatakan ia tidak mendukung tindakan internasional yang semata untuk menggulingkan pemerintah, namun serangan senjata kimia tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Penasehat Urusan Kebijakan Luar Negeri Presiden Rusia mengatakan keputusan Inggris menunjukkan bahwa masyarakat mulai memahami bahaya serangan militer.

Sementara itu, para anggota Kongres Amerika yang hari Kamis diberi pengarahan oleh para pejabat senior pemerintahan Obama, mengatakan tidak ada keraguan bahwa pasukan pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia dalam serangan pekan lalu.

Presiden Barack Obama sedang mempertimbangkan cara merespon, dan serangan militer terhadap pemerintahan Assad tampaknya merupakan langkah yang paling mungkin.
XS
SM
MD
LG