Tautan-tautan Akses

AS Tekan Sri Lanka Lakukan Penyelidikan Kejahatan Perang


Asisten Menteri Luar Negeri AS, Robert Blake

Asisten Menteri Luar Negeri AS, Robert Blake

Pejabat Deplu AS mengatakan, jika Sri Lanka menolak melakukannya, akan ada tekanan bagi pembentukan komisi internasional.

Pejabat Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kemungkinan akan ada penyelidikan internasional mengenai kejahatan perang yang dilakukan di Sri Lanka jika pemerintah negara itu menolak melakukan penyelidikan yang memadai tentang masalah itu.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Robert Blake mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa jika Sri Lanka tidak bersedia menerapkan standar internasional dalam penyelidikannya, akan ada “tekanan untuk menunjuk sebuah komisi internasional”.

Blake, bekas duta besar Amerika untuk Sri Lanka, menambahkan PBB memperkirakan ribuan warga sipil tewas dalam beberapa bulan terakhir perang saudara dengan pemberontak Macan Tamil yang berakhir tahun 2009.

Ia mengatakan adalah kepentingan pemerintah Sri Lanka sendiri untuk menjamin pertanggung jawaban atas kejahatan yang diduga telah dilakukannya.

Sri Lanka telah membentuk sebuah panel untuk menyelidiki mengapa gencatan senjata dengan pemberontak ambruk, tahun 2002. Tetapi komisi itu tidak ditugaskan untuk menyelidiki kejahatan perang.

XS
SM
MD
LG