Tautan-tautan Akses

AS

AS Tekan Rusia untuk Serahkan Snowden


Jubir Gedung Putih Jay Carney mengecam pemerintah China yang mengizinkan Edward Snowden terbang dari Hong Kong ke Moskow (24/6).

Jubir Gedung Putih Jay Carney mengecam pemerintah China yang mengizinkan Edward Snowden terbang dari Hong Kong ke Moskow (24/6).

Gedung Putih mengecam pemerintah China atas "pilihan Beijing yang disengaja" untuk mengizinkan Snowden terbang hari Minggu dari Hong Kong ke Moskow.

Amerika mengatakan sedang menekan Rusia agar memulangkan seorang kontraktor intelijen ke Amerika untuk menghadapi dakwaan spionase karena membocorkan program pengintaian Amerika yang dirahasiakan.

Dalam upayanya mencari suaka secara diam-diam, Edward Snowden telah memesan penerbangan hari Senin dari Moskow ke Havana, dengan kemungkinan tujuan akhir Ekuador, di mana ia mencari suaka. Tapi penerbangan ke ibukota Kuba itu tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa Snowden berada di dalam pesawat itu.

Julian Assange, pendiri WikiLeaks, organisasi pengungkap rahasia yang membantu Snowden, mengatakan buronan Amerika itu aman, namun menolak mengungkapkan di mana Snowden berada.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika sudah sering mengembalikan tersangka kriminal ke Rusia dan berharap Rusia akan menyerahkan Snowden yang berusia 30 tahun itu kepada pemerintah Amerika.

Carney mengecam China atas apa yang disebutnya "pilihan Beijing yang disengaja" untuk mengizinkan Snowden terbang hari Minggu dari Hong Kong ke Moskow. Dia mengatakan keputusan China itu "tidak diragukan lagi" telah merugikan hubungan antara Amerika dan China.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG