Tautan-tautan Akses

AS Tegaskan Komitmen terhadap Irak


PM Irak Nouri Al-Maliki (kiri) bersama Wakil Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan di Washington, hari Rabu (30/10).

PM Irak Nouri Al-Maliki (kiri) bersama Wakil Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan di Washington, hari Rabu (30/10).

PM Irak Nouri Al-Maliki hari Rabu (30/10) bertemu dengan Wapres AS Joe Biden yang menegaskan kembali komitmen Amerika terhadap Irak.

Perdana Menteri Irak tampaknya memperoleh beberapa kepastian dari Amerika untuk membantu mengatasi gelombang kekerasan sewaktu ia memulai serangkaian pertemuan dengan pejabat-pejabat tinggi di Washington.

Nouri Al-Maliki hari Rabu (30/10) bertemu dengan Wakil Presiden AS Joe Biden yang menegaskan kembali komitmen Amerika terhadap Irak.

Setelah pertemuan itu, seorang pejabat senior Amerika mengatakan pengiriman beberapa pesawat jet tempur F-16 ke Irak sesuai rencana akan berlangsung akhir tahun depan. Irak baru-baru ini membayar uang muka pembelian pesawat-pesawat itu sebesar 650 juta dolar.

Meningkatnya kekerasan sektarian tahun ini saja telah menimbulkan lebih dari 7.500 korban tewas.

Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan suratkabar the New York Times menjelang pertemuan hari Rabu, pemimpin Irak itu menyalahkan Al-Qaida dan menuduh kelompok pemberontak itu melancarkan “kampanye teroris” dengan memanfaatkan perselisihan sektarian.
XS
SM
MD
LG