Tautan-tautan Akses

AS Tegaskan Dukungan pada Irak Melawan Al-Qaida


Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki (kiri) dalam sebuah pertemuan dengan Wakil Presiden AS Joe Biden. (Foto: Dok)

Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki (kiri) dalam sebuah pertemuan dengan Wakil Presiden AS Joe Biden. (Foto: Dok)

Wakil Presiden AS Joe Biden menekankan pentingnya bekerja sama dengan para pemimpin Sunni negara itu untuk mengisolasi kaum ektremis.

Amerika Serikat telah menegaskan kembali dukungannya pada Irak dalam pertempuran melawan militan yang terkait al-Qaida dan mengatakan Amerika akan mempercepat penjualan dan pengiriman peralatan militer Amerika ke negara itu.

Wakil Presiden AS Joe Biden berbicara melalui telepon Senin dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki, yang menekankan pentingnya bekerja sama dengan para pemimpin Sunni negara itu untuk mengisolasi kaum ektremis.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika akan mengirim lagi pesawat pengintai tanpa awak dan rudal Hellfire ke Irak tahun ini tetapi Irak harus memimpin dan menangani konflik itu sendiri.

Sebelumnya Senin (6/1), Maliki mendesak penduduk dan suku di kota terkepung Fallujah agar menghalau militan yang terkait al-Qaida itu untuk menangkal serangan militer yang menurut para pejabat dapat dilancarkan dalam waktu beberapa hari lagi.
XS
SM
MD
LG