Tautan-tautan Akses

AS Tawarkan Hadiah untuk Informasi Pemimpin al-Shabab


Kelompok militan Somalia, al-Shabab melakukan patroli di pinggiran ibukota Mogadishu (foto: dok).

Kelompok militan Somalia, al-Shabab melakukan patroli di pinggiran ibukota Mogadishu (foto: dok).

Pemerintah Amerika menawarkan hadiah bagi siapa yang dapat memberi informasi keberadaam enam pemimpin kelompok militan Somalia, al-Shabab.

Hadiah sebesar 6 juta dolar akan diberikan kepada pihak yang memberikan informasi mengenai pemimpin tinggi al-Shabab, Abu Ubaidah. Dia disebut kepala al-Shabab pada September tahun lalu, setelah pemimpin lama kelompok itu, Ahmed Abdi Godane, tewas dalam serangan pesawat tanpa awak AS.

Hadiah sampai sebesar 5 juta dolar telah secara resmi ditetapkan untuk informasi yang mengarah pada penangkapan tiga pemimpin tinggi lainnya - Mahad Karate, Ma'Alim Daud dan Hassan Afgooye.

Karate, juga dikenal sebagai Abdirahman Mohamed Warsame, diduga memainkan peran kunci dalam serangan tanggal 2 April yang menewaskan 148 orang di Garissa University College, Kenya.

Daud dikatakan bertanggung jawab dalam operasi al-Shabab melawan pemerintah Somalia dan sasaran kepentingan negara Barat, sementara Afgooye mengawasi jaringan penggalangan dana untuk kegiatan al-Shabab .

Amerika Serikat menawarkan hadiah sampai $3 juta untuk mendapat informasi tentang Maalim Salman dan Ahmed Iman Ali. Salman dikatakan memimpin teroris asing al-Shabab di Afrika, sedangkan Ali diduga merekrut para pemuda Kenya dan mengumpulkan dana untuk kelompok itu. [ps]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG