Tautan-tautan Akses

AS

AS Mulai Tawarkan Askes bagi Warga Tanpa Asuransi


Wilbert Smith, warga AS berobat di klinik kesehatan gratis di Arlington, Virginia (foto: dok). Sedikitnya 30 juta warga AS tidak memiliki asuransi kesehatan.

Wilbert Smith, warga AS berobat di klinik kesehatan gratis di Arlington, Virginia (foto: dok). Sedikitnya 30 juta warga AS tidak memiliki asuransi kesehatan.

Pemerintah AS telah mulai menawarkan asuransi kesehatan bagi jutaan warga yang tidak memiliki asuransi untuk membantu mereka membayar tagihan medis.

Hari Selasa (1/10) pagi, pemerintah federal membuka sebuah situs Internet yang memberikan informasi mengenai cara membeli asuransi bagi mereka yang tak memiliki asuransi. Situs tersebut pada awalnya diserbu banyak pengunjung yang sebagian menerima pesan galat (error). Tetapi belakangan masalah itu tampaknya telah diatasi.

Kebijakan baru soal asuransi itu merupakan bagian dari prestasi legislatif Presiden Amerika Barack Obama, yakni diloloskannya reformasi kesehatan meluas pada tahun 2010. Ini merupakan reformasi kesehatan paling ambisius dalam kurun hampir 50 tahun. Reformasi itu sebagian bertujuan menawarkan asuransi kesehatan bagi sedikitnya 30 juta orang yang tidak memiliki asuransi di Amerika, tetapi juga mengharuskan siapapun yang tidak memiliki asuransi untuk membayar denda jika mereka memutuskan untuk tidak membelinya.

Reformasi tersebut dikenal luas di Amerika sebagai Obamacare, dan masih tetap kontroversial meskipun telah disetujui oleh para anggota Demokrat pendukung Obama yang menghadapi tentangan keras lawan-lawannya dari fraksi Republik.

Undang-undang ini menjadi pokok kebuntuan soal anggaran pemerintah, yang pada hari Selasa menyebabkan penghentian parsial kegiatan badan-badan federal untuk pertama kalinya dalam 17 tahun.

Banyak legislator dari fraksi Republik yang ingin mengakhiri pendanaan bagi program reformasi tersebut, atau setidaknya menunda penerapan penuh undang-undang itu.

Asuransi yang ditawarkan perusahaan-perusahaan swasta melalui bursa negara-negara bagian akan mulai berlaku bulan Januari, tetapi beberapa reformasi lainnya telah berlaku sejak Obama mengesahkan legislasi itu sebagai undang-undang.

Sewaktu ancaman penghentian kegiatan pemerintah hampir menjadi kenyataan pada hari Senin, Obama mengatakan kepada fraksi Republik bahwa mereka tidak akan dapat menghentikan penerapan undang-undang itu.

Obama Selasa ini dijadwalkan melakukan pembicaraan mengenai dimulainya penjualan asuransi dan bertemu dengan orang-orang yang ingin membeli asuransi layanan kesehatan.
XS
SM
MD
LG