Tautan-tautan Akses

AS Tarik Pasukan Tambahan dari Afghanistan


Menhan AS Leon Panetta dalam konferensi pers bersama di Auckland dengan Menteri Pertahanan Selandia Baru, Jumat (21/9).

Menhan AS Leon Panetta dalam konferensi pers bersama di Auckland dengan Menteri Pertahanan Selandia Baru, Jumat (21/9).

Kelompok terakhir dari 33 ribu tentara yang dikirim ke Afghanistan sebagai bagian dari pengerahan pasukan tambahan dua tahun silam, telah ditarik.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengukuhkan penarikan tersebut hari Jumat. Panetta, dalam konferensi pers bersama di Auckland dengan Menteri Pertahanan Selandia Baru.

Panetta memuji peran pasukan Amerika, dengan mengatakan pengerahan pasukan tambahan telah mencapai tujuan-tujuannya, menghilangkan momentum Taliban dan membangun pasukan Afghanistan.

Jumlah tentara Amerika di Afghanistan kini kembali menjadi 68 ribu, sama seperti jumlah sebelum pengerahan pasukan tambahan. Para pejabat Amerika menyatakan semua pasukan tempur sekutu akan ditarik keluar dari Afghanistan selambat-lambatnya akhir tahun 2014.

Presiden Barack Obama memerintahkan pengerahan pasukan tambahan ke Afghanistan pada akhir 2009 untuk menumpas pemberontak dan memberi pasukan Afghanistan kesempatan untuk mulai mengambil alih tanggungjawab keamanan.

Namun demikian, masih ada kekhawatiran bahwa penarikan pasukan tambahan itu berlangsung bersamaan dengan meningkatnya jumlah serangan yang dilakukan orang dalam. Sekarang ini semakin banyak anggota militer Afghanistan yang menembaki tentara internasional mitra mereka.
XS
SM
MD
LG