Tautan-tautan Akses

AS Target Dana Rahasia Milik Pemimpin Korea Utara


AS berusaha memblokir dana-dana rahasia milik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) dalam bank di luar negeri (foto: dok).

AS berusaha memblokir dana-dana rahasia milik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) dalam bank di luar negeri (foto: dok).

Pemerintah AS kini berusaha menghalangi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk mengakses dana rahasia yang disimpan dalam rekening bank-bank di luar negeri.

Seorang pejabat senior Amerika mengatakan Amerika kini berusaha menghalangi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk mengakses dana rahasia yang disimpan dalam rekening bank-bank di luar negeri sambil menekannya agar tidak lagi mengembangkan senjata nuklir.

Dalam sebuah wawancara dengan VOA hari Jumat, Wakil Menteri Keuangan untuk penanggulangan terorisme dan intelijen keuangan, David Cohen, mengatakan departemennya kini mencari uang milik Kim dalam "jumlah yang sangat besar."

Setelah ayah Kim dan pendahulunya Kim Jong Il meninggal bulan Desember 2011, beberapa laporan media asing mengatakan mendiang Kim kemungkinan telah menyimpan sedikitnya $4 miliar di bank-bank Eropa, termasuk di Swiss.

Cohen mengatakan pihak berwenang Amerika menarget uang itu untuk membatasi kemampuan Korea Utara membiayai program-program rudal nuklir dan balistik, yang oleh negara-negara kuat dipandang sebagai ancaman terhadap keamanan regional.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG