Tautan-tautan Akses

AS Tangguhkan Operasi Kedutaan Besar Suriah


Utusan khusus Amerika untuk Suriah Daniel Rubinstein mengumumkan penangguhan operasi Kedubes Suriah di Washington DC (foto: dok).

Utusan khusus Amerika untuk Suriah Daniel Rubinstein mengumumkan penangguhan operasi Kedubes Suriah di Washington DC (foto: dok).

Pejabat Amerika hari Selasa (18/3) telah memberitahu kedutaan Suriah di Washington, DC untuk menangguhkan operasinya.

Pejabat Amerika memberitahu kedutaan Suriah di Washington untuk menangguhkan operasinya. Juru bicara Gedung Putih Jay Carney hari Selasa (18/3) mengatakan, para diplomat Suriah yang bukan warga negara atau penduduk tetap Amerika Serikat harus segera meninggalkan Amerika.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyorot jumlah warga Suriah yang tewas dan terpaksa meninggalkan rumah mereka selama tiga tahun perang saudara di negara itu, termasuk orang-orang yang diserang dengan gas oleh pemerintah mereka sendiri.

Utusan khusus Amerika untuk Suriah Daniel Rubinstein mengumumkan langkah-langkah itu hari Selasa (18/3). Ia mengatakan langkah itu diambil karena kedutaan Suriah menghentikan pemberian layanan konsuler dan sehubungan dengan yang disebutnya “kekejaman yang dilakukan rejim Assad terhadap rakyat Suriah”.

Tapi Rubinstein mengatakan Amerika ingin mempertahankan hubungan diplomatik dengan negara Suriah sebagai ekspresi hubungan yang sejak lama terjalin dengan rakyat Suriah, sesuatu yang menurutnya akan bertahan “lama setelah Bashar al-Assad tidak lagi mempunyai kekuasaan”.

Sementara itu tim penyelidik PBB mengatakan mereka telah menambah daftar tersangka penjahat perang dari kedua pihak dalam perang saudara Suriah setelah putaran baru kekejian dalam beberapa minggu ini.
XS
SM
MD
LG