Tautan-tautan Akses

AS Tambah 26 Nama dalam Daftar Sanksi Rusia


Pengusaha Rusia Gennady Timchenko, salah satu target sanksi ekonomi AS.

Pengusaha Rusia Gennady Timchenko, salah satu target sanksi ekonomi AS.

Langkah terbaru ini bertujuan untuk memelihara keampuhan sanksi yang berlaku sekarang terhadap Rusia, bukan “peningkatan” sanksi.

Amerika Serikat menambahkan 26 nama baru ke dalam daftar orang dan badan hukum yang dikenakan sanksi atas tindakan Rusia di Ukraina.

Departemen Keuangan Amerika, Kamis (30/7), mengatakan 13 individu dan badan hukum yang ditambahkan ke dalam daftar itu “terkait dengan penghindaran serius dan tetap” sanksi yang berlaku untuk Gennady Timchenko dan Boris Rotenberg, rekanan dekat dan sudah lama dari Presiden Vladimir Putin dan untuk Kalashnikov Concern, pembuat senapan penyerang Kalashnikov. Ketiga orang itu sudah dalam daftar sanksi.

Di antara badan hukum baru dalam daftar itu adalah dua perusahaan senjata Rusia, empat mantan pejabat atau rekan erat pemerintah Ukraina “dalam penyelewengan aset negara dan/atau perongrongan proses demokrasi atau lembaga-lembaga di Ukraina,” lima operator pelabuhan di Krimea, semenanjung Laut Hitam yang dicaplok oleh Rusia dari Ukraina tahun lalu, dan satu operator feri Krimea.

Badan hukum atau orang yang dimasukkan dalam daftar sanksi Amerika dapat dikenakan pembekuan aset, dan warga Amerika dilarang melakukan kegiatan usaha dengan mereka.

Para pejabat Amerika yang dikutip mengatakan langkah terbaru ini bertujuan untuk memelihara keampuhan sanksi yang berlaku sekarang terhadap Rusia, bukan “peningkatan” sanksi.

XS
SM
MD
LG