Tautan-tautan Akses

AS Tak Ubah Strategi Terhadap Taliban


Warga Pakistan berkumpul di sekitar kendaraan yang terbakar akibat serangan pesawat AS tak berawak di Ahmad Wal, Balochistan (21/5).

Warga Pakistan berkumpul di sekitar kendaraan yang terbakar akibat serangan pesawat AS tak berawak di Ahmad Wal, Balochistan (21/5).

Tak ada perubahan dalam strategi Amerika atau perluasan selama satu dekade serangan drone CIA terhadap teroris di wilayah kesukuan di Pakistan barat laut.

Berhari-hari setelah serangan pesawat tak berawak Amerika di Pakistan dekat perbatasan Afghanistan yang menewaskan pemimpin Taliban Mullah Akhtar Mansoor, masih belum jelas bagaimana lokasi pemimpin yang dibunuh itu ditemukan.

Mansoor tewas di bagian terpencil Baluchistan, sebuah provinsi yang dianggap terlarang bagi pesawat drone Amerika, yang beroperasi di daerah-daerah kesukuan barat laut.

Tetapi, para pejabat Amerika mengatakan, serangan itu tidak menunjukkan perubahan dalam strategi Amerika atau perluasan selama satu dekade serangan drone CIA terhadap teroris di wilayah kesukuan di Pakistan barat laut.

"Ini adalah sasaran kesempatan," kata seorang pejabat Amerika yang menolak untuk disebutkan namanya. "Ini tidak berarti bahwa kami mengubah strategi kami."

Karl Eikenberry, yang memimpin pasukan Amerika di Afghanistan dan kemudian menjabat sebagai duta besar Amerika di Kabul dari tahun 2009 sampai 2011, mengatakan mengetahui lokasi Mansoor merupakan terobosan yang tidak akan dilewatkan oleh Amerika. [sp]

XS
SM
MD
LG