Tautan-tautan Akses

AS

AS Tak Setuju Larangan Perjalanan ke Afrika Barat


Penasihat Keamanan Dalam Negeri AS, Lisa Monaco (foto: dok).

Penasihat Keamanan Dalam Negeri AS, Lisa Monaco (foto: dok).

Gedung Putih mengatakan larangan perjalanan ke negara-negara yang terkena wabah Ebola di Afrika Barat tidak akan bermanfaat.

Penasihat Keamanan Dalam Negeri Lisa Monaco mengatakan sebuah larangan perjalanan justru akan menghambat upaya-upaya penanggulangan kasus Ebola di negara-negara Afrika Barat. Menurutnya, prosedur screening di bandara saat ini sudah cukup untuk mencegah orang yang sakit agar tidak naik pesawat terbang.

Berbicara dalam sebuah konferensi pers hari Jumat (4/10), Monaco mengatakan screening di bandara, yang sudah diberlakukan sejak musim panas, efektif dalam mencegah puluhan orang naik ke pesawat terbang. Prosedur itu mencek suhu badan dan gejala penyakit lainnya.

“Juga selama kurun waktu itu, kita saksikan ribuan orang datang ke Amerika dari kawasan ini. Kini kita ada satu kasus yang terisolir di Texas,” kata Monaco.

Kasus itu adalah seoran warga Liberia Thomas Duncan yang berada dalam kondisi serius tapi stabil di sebuah RS di Dallas setelah didiagnosa dengan Ebola pada Minggu.

XS
SM
MD
LG