Tautan-tautan Akses

AS

AS Sita $150 Juta Hasil Pencucian Uang Hezbollah


Gedung Lebanese Canadian Bank SAL di Beirut, Lebanon, tempat pencucian uang jutaan dolar dari perdagangan narkoba dan kejahatan lainnya. (Foto: AP)

Gedung Lebanese Canadian Bank SAL di Beirut, Lebanon, tempat pencucian uang jutaan dolar dari perdagangan narkoba dan kejahatan lainnya. (Foto: AP)

Pemerintah AS menyita US$150 juta hasil pencucian uang internasional dari berbagai kejahatan, termasuk yang terkait kelompok militan Hezbollah.

Pemerintah Amerika Serikat mengatakan telah menyita US$150 juta hasil pencucian uang internasional dari perdagangan narkoba dan kejahatan-kejahatan lainnya. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Senin (20/8), Departemen Kehakiman mengatakan beberapa kelompok terkait kelompok militan Hezbollah yang berbasis di Lebanon telah menggunakan sistem keuangan AS untuk mencuci uang hasil kejahatan dari Afrika Barat dan mengirim kembali uang itu ke Lebanon.

Michele Leonhart, Kepala Urusan Pemberantasan Narkoba Amerika mengatakan Lebanese-Canadian-Bank memainkan peran penting dalam pencucian uang organisasi-organisasi yang dikontrol Hezbollah di seluruh dunia.

Sekitar $330 juta dikirim antara 2007 dan 2011 lewat kawat dari bank yang telah ditutup itu dan institusi-institusi keuangan lainnya ke AS untuk membeli mobil-mobil bekas yang kemudian dikirim ke Afrika Barat. Uang tunai hasil penjualan mobil itu dan hasil perdagangan narkoba disalurkan kembali ke Lebanon melalui saluran-saluran Hezbollah.

Preet Bharara, Jaksa Distrik New York, mengatakan setiap upaya akan dilakukan untuk memisahkan organisasi teroris dan narkoba serta bank-bank yang bekerjasama dengan mereka dari dana-dana terlarang.

Amerika dan beberapa negara lain menilai Hezbollah sebagai organisasi teroris.
XS
SM
MD
LG