Tautan-tautan Akses

AS

AS Setujui Ikan Salmon yang Dimodifikasi secara Genetika


Ikan salmon "AquAdvantage" yang dimodifikasi secara genetika agar tumbuh lebih cepat (foto: dok).

Ikan salmon "AquAdvantage" yang dimodifikasi secara genetika agar tumbuh lebih cepat (foto: dok).

Ikan yang disebut salmon "AquAdvantage" itu dikembangkan oleh perusahaan Aquabounty Technologies di Massachusetts.

Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan AS (FDA) telah mengizinkan ikan salmon yang dimodifikasi secara genetika untuk konsumsi manusia. Ini adalah hewan hasil modifikasi pertama yang disetujui sebagai makanan di AS.

Keputusan FDA itu diambil setelah kontroversi selama beberapa tahun mengenai ikan itu, yang disuntik dengan sebuah gen supaya tumbuh lebih cepat.

Ikan itu, yang disebut salmon "AquAdvantage", dikembangkan oleh perusahaan Aquabounty Technologies di Massachusetts. Perusahaan itu menggunakan salmon Atlantik dan menyuntiknya dengan sebuah gen dari ikan salmon Pacific Chinook.

Pihak regulator hari Kamis memutuskan bahwa “salmon AquAdvantage aman untuk dimakan seperti halnya salmon Atlantik yang tidak dimodifikasi secara genetik, dan sama bergizinya,” demikian menurut pernyataan FDA.

Ditambahkan bahwa diizinkannya salmon AquAdvantage, "tidak akan berdampak signifikan pada lingkungan AS.”

Undang-undang AS tidak mewajibkan para produsen dan pabrik untuk memasang label bagi makanan yang dimodifikasi secara genetika. Namun FDA memberikan anjuran bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memberi label makanan mereka secara sukarela, karena “banyak konsumen tertarik dengan informasi ini.” [vm/ii]

XS
SM
MD
LG