Tautan-tautan Akses

Serangan Pesawat Tak Berawak AS Tewaskan Pemimpin Senior Al-Qaida di Pakistan


Serangan pesawat tak berawak AS dilaporkan menewaskan Abu Hafsh al-Shahri, pemimpin senior Al-Qaida, awal pekan ini.

Serangan pesawat tak berawak AS dilaporkan menewaskan Abu Hafsh al-Shahri, pemimpin senior Al-Qaida, awal pekan ini.

Pejabat keamanan Pakistan mengatakan serangan itu menewaskan sedikitnya tiga orang di daerah kesukuan Waziristan Utara hari Minggu.

Para pejabat AS mengatakan serangan pesawat tak berawak CIA telah menewaskan kepala operasi al-Qaida di Pakistan, dalam pukulan terbaru terhadap kepemimpinan kelompok teror itu.

Para pejabat, yang tidak mau disebutkan namanya, hari Kamis memberitahu kantor-kantor berita bahwa Abu Hafsh al-Shahri tewas awal pekan ini, tetapi tidak memberikan rincian.

Pejabat keamanan Pakistan mengatakan serangan pesawat tak berawak Amerika menewaskan sedikitnya tiga orang di daerah kesukuan Waziristan Utara hari Minggu. Tidak jelas apakah serangan itu yang menewaskan Shahri.

Para pejabat Amerika mengatakan pemimpin senior al-Qaida itu bekerja sama dengan Taliban Pakistan untuk melakukan serangan-serangan di Pakistan.

Shahri juga dipertimbangkan sebagai pengganti wakil pemimpin al-Qaida, Atiyah Abd al-Rahman, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika di wilayah kesukuan, Pakistan barat laut tanggal 22 Agustus lalu.

Rahman telah naik ke posisi nomor dua dalam organisasi al-Qaida, setelah pasukan khusus Amerika membunuh pemimpin jaringan teror itu, Osama bin Laden, dalam serangan rahasia di kota Abbottabad Pakistan tanggal 2 Mei lalu.

XS
SM
MD
LG