Tautan-tautan Akses

AS Selidiki Kemungkinan Ancaman Teror pada Peringatan 9/11


Walikota Michael Bloomberg mengatakan meningkatkan pengamanan kota New York menjelang peringatan 10 tahun serangan 11 September.

Walikota Michael Bloomberg mengatakan meningkatkan pengamanan kota New York menjelang peringatan 10 tahun serangan 11 September.

Pihak berwenang menyatakan menemukan informasi adanya ancaman yang mungkin terfokus pada sasaran di Washington atau New York.

Para pejabat kontraterorisme Amerika sedang menyelidiki ancaman teror yang mereka sebut kredibel namun belum dikukuhkan, yang direncanakan berlangsung bersamaan dengan peringatan 10 tahun serangan teroris 11 September di Amerika Serikat.

Pihak berwenang hari Kamis menyatakan menemukan informasi yang menunjukkan ancaman itu mungkin terfokus pada Washington atau New York. Para pejabat mengatakan mereka mencurigai tiga orang, termasuk seorang warganegara Amerika, yang memasuki Amerika bulan Agustus dengan niat melakukan serangan bom mobil.

Hari Kamis malam, Walikota New York Michael Bloomberg mengatakan, kota itu meningkatkan keamanannya menanggapi ancaman tersebut. Ia mendorong warga New York agar melakukan kegiatan seperti biasa, meskipun ada potensi ancaman tersebut.

Kepala Biro Penyelidik Federal Divisi New York Jan Fedarcyk juga menolak menyebut kelompok tertentu di balik ancaman tersebut. Tetapi ia mengatakan informasi yang dikumpulkan sewaktu Amerika menyerbu kompleks Osama bin Laden di Pakistan pada Mei lalu menunjukkan bahwa kelompok-kelompok seperti al-Qaida memiliki kepentingan pada tanggal-tanggal tertentu.

Walikota Washington Vincent Gray mengatakan pihak berwenang telah mengambil tindakan pencegahan, bekerjasama dengan badan-badan federal, untuk mengatasi ancaman. Ia menolak memberi rincian, tetapi mendesak warga agar tetap waspada. Walikota New York dan Washington menyatakan ancaman serangan itu tidak akan mengganggu acara peringatan 11 September pada hari Minggu.

Sementara itu, Gedung Putih menyatakan Presiden Barack Obama menerima setiap informasi terbaru mengenai ancaman tersebut. Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah secara signifikan telah meningkatkan keamanan dan upaya-upaya kesiagaan menjelang peringatan 11 September, tetapi Presiden hari Kamis meminta otorita kontraterorisme agar melipatgandakan upaya mereka untuk melindungi Amerika dari serangan apapun.

XS
SM
MD
LG