Tautan-tautan Akses

AS Sediakan Pesawat Tempur F-15SA bagi Angkatan Udara Saudi


Jenis pesawat jet tempur F15E yang dipesan Angkatan Udara Saudi dan di-upgrade menjadi F15SA (Saudi Advanced).

Jenis pesawat jet tempur F15E yang dipesan Angkatan Udara Saudi dan di-upgrade menjadi F15SA (Saudi Advanced).

Amerika mengatakan akan menyediakan pesawat tempur bagi angkatan udara Saudi berdasarkan perjanjian baru bernilai 29,4 milyar dolar.

Dalam sebuah pernyataan hari Kamis, Gedung Putih mengatakan Amerika dan pemerintah Arab Saudi menandatangani perjanjian bagi Amerika untuk menyediakan pesawat tempur canggih F-15SA (Saudi Advanced) kepada Angkatan Bersenjata Kerajaan Arab Saudi.

Dikatakan perjanjian tersebut mencakup produksi 84 pesawat baru dan modernisasi 70 pesawat yang sudah ada. Pernyataan Gedung Putih mengatakan pesawat Boeing "termasuk di antara pesawat yang paling canggih dan handal di dunia."

Gedung Putih mengutip para pakar industri yang mengatakan kesepakatan menjual jet-jet tempur itu akan menciptakan lebih dari 50.000 lapangan kerja di Amerika. Pengadaan pesawat tempur itu juga menggunakan ratusan pemasok dari seluruh pelosok Amerika, dan menyedikan 3,5 miliar dolar dalam dampak perekonomi tahunan bagi ekonomi Amerika.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan perjanjian tersebut "memperkokoh hubungan kuat dan bertahan" antar kedua negara dan menunjukkan komitmen Amerika pada kemampuan pertahanan Saudi yang kuat sebagai "komponen kunci bagi keamanan regional."

XS
SM
MD
LG