Tautan-tautan Akses

AS, Saudi Hampir Sepakati Transaksi Penjualan Senjata 60 Miliar Dolar


Pesawat tempur F-15 yang akan dijual AS kepada Saudi Arabia.

Pesawat tempur F-15 yang akan dijual AS kepada Saudi Arabia.

Pemerintahan Obama akan segera memberitahu Kongres rencana penjualan jet tempur dan helikopter militer kepada Ryadh.

Pejabat senior Amerika mengatakan Amerika dan Arab Saudi hampir selesai menyusun sebuah kesepakatan penjualan senjata besar-besaran, bernilai sampai 60 miliar dolar, dan sedang membahas peningkatan angkatan laut dan pertahanan misil yang nilainya bisa mencapai puluhan miliar dolar lagi.

Pejabat, yang tidak bersedia disebutkan namanya, mengatakan Senin bahwa pemerintahan Obama akan segera memberitahu Kongres tentang rencana untuk menawarkan jet tempur canggih dan helikopter militer kepada Ryadh.

Harian Wall Street Journal, yang pertama melaporkan persetujuan ini Minggu, mengatakan, rencana ini sudah disusun selama berbulan-bulan dan merupakan penjualan senjata Amerika yang terbesar. Penjualan ini merupakan bagian dari sebuah kebijakan yang ditujukan untuk mendukung sekutu-sekutu Arab dari ancaman Iran.

Pejabat mengatakan bahwa dalam pemberitahuan kepada Kongres itu, yang diperkirakan akan dilakukan dalam waktu satu atau dua minggu lagi, Amerika akan memberi otorisasi kepada Arab Saudi untuk membeli sampai sebanyak 84 pesawat tempur F 15 yang baru dan menyempurnakan 70 lagi sebagai bagian dari paket penjualan ini. Mereka juga mengatakan kesepakatan ini juga mencakup pembelian tiga jenis helikopter, 70 Apache, 72 Black Hawks dan 36 Little Birds. Pemberitahuan ini akan ditindak lanjuti dengan tinjauan oleh Kongres.

XS
SM
MD
LG