Tautan-tautan Akses

AS Sangkal Kehilangan Pesawat Tak Berawak di Iran


Pasukan Garda Revolusi Iran mengaku menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata tak berawak AS, klaim yang dibantah militer AS.

Pasukan Garda Revolusi Iran mengaku menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata tak berawak AS, klaim yang dibantah militer AS.

Para pejabat militer AS hari Rabu menyangkal klaim tersebut dan mengatakan tidak kehilangan satu pun pesawat tak berawaknya.

Amerika menyangkal laporan Iran bahwa Garda Revolusi Iran menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata tak berawak Amerika.

Para pejabat intelijen dan militer mengatakan kepada VOA hari Rabu bahwa Amerika menyangkal klaim tersebut dan tidak kehilangan satu pun pesawat tak berawak.

Seorang legislator Iran mengatakan, kelompok militer elit Iran menembak jatuh pesawat mata-mata Amerika yang sedang berusaha mengumpulkan informasi mengenai sebuah lokasi pengayaan uranium rahasia.

Televisi pemerintah Iran yang dikelola Youth Journalists Club hari Rabu mengutip anggota parlemen itu, Ali Aghazadeh Dafsari yang mengatakan pesawat itu terbang di dekat Fordu, di sekitar kota suci Qom. Laporan itu tidak menyebutkan kapan Garda Revolusi menembak jatuh pesawat tersebut.

Laporan tersebut muncul sehari setelah Iran menyatakan pihaknya sedang memasang sentrifugal-sentrifugal baru yang bertujuan untuk mempercepat proses pengayaan materi nuklirnya.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Ramin Mehmanparast hari Selasa mengatakan, peralatan baru itu akan membuat proses berlangsung lebih cepat dan menghasilkan produk berkualitas lebih baik. Ia juga menekankan bahwa program nuklir Iran adalah untuk kepentingan damai.

XS
SM
MD
LG