Tautan-tautan Akses

AS Sangkal Berperan dalam Keputusan Google Tinggalkan Tiongkok


Jubir Deplu Amerika P.J. Crowley

Jubir Deplu Amerika P.J. Crowley

Jubir Deplu AS, P.J. Crowley mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa tindakan Google merupakan keputusan bisnis.

Amerika mengatakan pihaknya tidak berperan dalam keputusan Google untuk berhenti menyensor isi web seperti yang dikehendaki Tiongkok.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa tindakan Google merupakan keputusan bisnis.

Ia menambahkan bahwa Amerika akan terus mengadakan pembicaraan dengan Tiongkok mengenai masalah kebebasan Internet dan arus informasi di Tiongkok.

Google menutup portal webnya di Tiongkok dan hari Selasa mulai mengarahkan para pengguna internet Tiongkok ke situs webnya yang baru serta tidak disensor di Hong Kong.

Perubahan itu tidak langsung membuat internet lebih terbuka di Tiongkok. Tiongkok menggunakan sistem komputernya sendiri untuk mencegah pencarian atau memblokir situs web yang isinya dianggap sensitif secara politik atau tidak disetujui.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok hari Selasa mengatakan tindakan itu tidak akan mempengaruhi hubungan Tiongkok dengan Amerika kecuali jika orang lain ingin mempolitisir masalah itu.

XS
SM
MD
LG