Tautan-tautan Akses

AS Sambut dengan Hati-hati Pembicaraan Karzai dengan Kelompok Pemberontak Afghanistan


Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley

P.J. Crowley mengatakan Washington dukung usaha Kabul untuk lakukan dialog dengan pemberontak.

Amerika Serikat menyambut dengan hati-hati pembicaraan antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan salah satu kelompok pemberontak utama yang berperang melawan pemerintahnya dan pasukan asing.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley mengatakan Washington mendukung usaha Kabul untuk melakukan dialog dengan anggota kelompok-kelompok pemberontak.

Tetapi dia juga menegaskan posisi Amerika bahwa kelompok apapun yang terlibat dalam pembicaraan harus meninggalkan kekerasan dan dukungan untuk pemberontakan, hidup sesuai dengan undang-undang dasar Afghanistan, dan memutuskan hubungan dengan al-Qaida dan jaringan teroris lainnya.

Seorang juru bicara Karzai mengatakan hari Senin pemimpin Afghanistan itu bertemu di Kabul dengan delegasi senior dari Hezb-e-Islami yang dipimpin oleh panglima perang kawakan dan perantara pembicaraan Gulbuddin Hekmatyar.

Jurubicara kelompok itu mengatakan kepada VOA delegasi itu mengajukan 15 butir rencana perdamaian yang mencakup penarikan mundur secara bertahap pasukan internasional mulai bulan Juli dan pemilihan presiden dan parlemen bulan Maret 2011.

XS
SM
MD
LG