Tautan-tautan Akses

AS-Rusia akan Lakukan Pertukaran Tersangka Mata-Mata


Hakim AS telah memerintahkan 10 tersangka mata-mata Rusia dideportasi sebagai bagian dari pertukaran itu.

Seorang hakim Amerika telah memerintahkan 10 tersangka dalam lingkaran mata-mata Rusia dideportasi sebagai bagian dari pertukaran antara Amerika dan Rusia.

Hakim Kimba Wood menjatuhkan putusannya di kota New York beberapa saat setelah semua tersangka yang berjumlah 10 orang itu mengaku bersalah dalam apa yang menurut jaksa federal suatu tawar-menawar.

Para pejabat Departemen Kehakiman Amerika mengatakan bahwa sebagai pertukaran untuk 10 orang itu, Rusia akan membebaskan empat orang yang menurut para pejabat Amerika dipenjara karena tuduhan berhubungan dengan intelijen Barat.

Ke-empat orang yang ditahan Rusia itu belum diumumkan identifikasinya. Tetapi para pejabat Departemen kehakiman mengatakan tiga orang dihukum karena tuduhan pengkhianatan. Sebagian orang itu dilaporkan berada dalam kesehatan yang buruk.

Kamis pagi, ilmuwan nuklir Rusia Igor Sutyagin dilaporkan meninggalkan penjara Moskow menuju Wina dalam perjalanan ke London.

Sutyagin menjalani hukuman penjara atas tuduhan memberikan rahasia Rusia kepada sebuah perusahaan Inggris. Menurut Rusia, perusahaan itu adalah kedok CIA. Keluarganya menyangkal tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG