Tautan-tautan Akses

AS, Rusia Berkomitmen bagi Perundingan Damai Suriah


Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Rusia Sergei Lavrov bertemu di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam hari Selasa (2/7).
Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Rusia Sergei Lavrov bertemu di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam hari Selasa (2/7).

Menlu AS John Kerry membahas konflik Suriah dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov hari Selasa (2/7) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Pembicaraan perdamaian Suriah kemungkinan akan semakin jauh tertunda, karena Amerika Serikat dan Rusia berselisih pendapat mengenai cara menyelesaikan perang saudara yang telah menewaskan hampir 100 ribu orang itu.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry membahas konflik Suriah dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov hari Selasa, di sela-sela sebuah forum negara-negara Asia Tenggara di Brunei.

Kerry mengatakan Rusia dan Amerika Serikat memiliki pendapat yang sangat berbeda mengenai Suriah, tetapi kedua negara sangat serius dan berkomitmen untuk mengakhiri kekerasan serta mengupayakan terbentuknya pemerintah transisi. Namun, ujarnya, konferensi perdamaian di Jenewa, yang semula dikehendaki digelar bulan lalu, mungkin baru berlangsung setelah bulan Agustus.

Rusia memasok senjata ke pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad. Amerika menyatakan siap mempersenjatai pemberontak yang menentang al-Assad.

Kerry juga berbicara dengan Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengenai cara-cara memperkuat oposisi Suriah dan meningkatkan bantuan kemanusiaan bagi warga sipil.

Recommended

XS
SM
MD
LG