Tautan-tautan Akses

AS, Rusia Bahas Tentang Suriah


Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kanan) menjawab pertanyaan tentang Suriah dalam konferensi pers, didampingi Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond, di London (19/9).
Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kanan) menjawab pertanyaan tentang Suriah dalam konferensi pers, didampingi Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond, di London (19/9).

Amerika Serikat dan Rusia membicarakan Suriah untuk memastikan pasukan mereka di zona konflik yang tidak stabil itu menghindari keterlibatan tanpa sengaja.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter berbicara kepada mitranya dari Rusia, Jumat (18/9) untuk pertama kalinya sejak Carter menjabat tujuh bulan lalu.

Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan Menteri Pertahanan Rusia Sergai Shoygu memberitahu Carter bahwa kegiatan Rusia di Suriah bersifat pertahanan dan bahwa Moskow hanya menjunjung komitmen yang dibuatnya kepada pemerintah Suriah.

Langkah diplomatik Jumat (18/9) itu merupakan inisiatif baru dalam krisis Suriah setelah kedua negara saling kecam tentang peran masing-masing dalam konflik itu.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, di London untuk berbicara dengan para sekutunya tentang opsi di Suriah, mengatakan "Kami mencari cara-cara untuk menemukan landasan bersama. Jelas, jika kita menghendaki penyelesaian politik, yang selalu kita pikir adalah yang terbaik dan satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah Suriah, kita harus melakukan percakapan dengan orang-orang dan kita perlu menemukan landasan bersama."

Pembicaraan antara dua kekuatan dunia itu terjadi hanya beberapa jam setelah berita-berita bahwa peningkatan militer Rusia di Suriah tampaknya memasuki tahap baru dengan kedatangan pesawat tempur.

Kerry akan bertemu dengan beberapa mitra Eropanya Sabtu untuk membahas situasi di Suriah. (as/eis)

XS
SM
MD
LG