Tautan-tautan Akses

AS Putuskan Tak Akan Jual Jet Tempur Baru kepada Taiwan


Pemerintah AS hanya menawarkan kesediaan memperbaharui armada F-16 Taiwan, tapi tak akan menjual jet temput baru (foto: dok).

Pemerintah AS hanya menawarkan kesediaan memperbaharui armada F-16 Taiwan, tapi tak akan menjual jet temput baru (foto: dok).

AS menawarkan untuk memperbaharui armada F-16 Taiwan yang mulai tua, namun tidak mencakup penjualan jet-jet tempur baru untuk pulau itu.

Laporan-laporan yang telah dipublikasikan mengatakan Gedung Putih memutuskan tidak akan menjual jet tempur baru F-16 kepada Taiwan.

Surat kabar Washington Post dan kantor-kantor berita lain melaporkan bahwa pemerintahan Obama menawarkan untuk memperbaharui lagi armada F-16 Taiwan yang mulai tua dalam sebuah paket persenjataan yang tidak mencakup jet-jet baru untuk pulau itu.

Para pejabat pemerintahan Amerika memberikan penjelasan kepada para anggota Kongres mengenai isu tersebut hari Jumat, tetapi pengumuman resmi belum dikeluarkan.

Senator dari Partai Republik John Cornyn dari Texas mengeluarkan pernyataan hari Jumat dengan mengatakan bahwa jika laporan tersebut benar, keputusan itu merupakan tindakan yang sudah diperhitungkan untuk Komunis Tiongkok dan pukulan bagi sekutu kuat dan teman lama Amerika itu.

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai sebuah provinsi yang membangkang, dan dengan kuat menetang penjualan jet-jet tempur kepada pulau itu.

XS
SM
MD
LG