Tautan-tautan Akses

AS Pulangkan Tahanan Pakistan dari Bagram


Penjara Bagram, Afghanistan (Foto: dok.)

Penjara Bagram, Afghanistan (Foto: dok.)

AS memindahkan tiga tahanan warga Pakistan ke tangan Islamabad sebagai bagian dari upaya untuk memulangkan semua tahanan non-Afghanistan dari penjara Bagram sebelum misi tempur internasional tuntas pada tanggal 31 Desember.

Sumber-sumber resmi di Pakistan telah mengidentifikasi laki-laki itu sebagai Latif Mehsud, seorang komandan senior Taliban Pakistan, Aziz Arafat dan Jafar.

Pasukan keamanan Afghanistan telah dilaporkan menangkap Mehsud setelah ia menyeberangi perbatasan ke Afghanistan secara ilegal tahun lalu. Tapi Kabul kemudian mengatakan komandan militan itu "diciduk" pasukan Amerika ketika ia dipindahkan ke ibukota Afghanistan.

Seorang juru bicara kedutaan AS di Islamabad telah mengkonfirmasi kepada VOA bahwa tiga warga Pakistan telah dipulangkan tetapi menolak untuk mengomentari identitas mereka.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa Amerika Serikat memulangkan tiga warga Pakistan yang ditahan AS di Afghanistan setelah konsultasi antara Amerika Serikat dan Pakistan dan setelah menerima jaminan yang sesuai mengenai perlakuan manusiawi," kata juru bicara itu.

Sementara NATO bersiap menyelesaikan misi tempurnya di Afghanistan pada tanggal 31 Desember, Amerika Serikat telah meningkatkan upaya untuk mentransfer semua tahanan non-Afghanistan dari penjara di lapangan udara Bagram di utara Kabul.

XS
SM
MD
LG