Tautan-tautan Akses

AS Puji Langkah OKI Menskors Keanggotaan Suriah


Jurubicara Deplu Amerika, Victoria Nuland mengatakan AS memuji keputusan OKI untuk menskors keanggotaan Suriah (foto: dok).

Jurubicara Deplu Amerika, Victoria Nuland mengatakan AS memuji keputusan OKI untuk menskors keanggotaan Suriah (foto: dok).

Pemerintah Amerika memuji tindakan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang telah menskors Suriah dari blok yang beranggota 57 negara itu.

Dalam pernyataan setelah tindakan hari Kamis itu, jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan keputusan OKI itu mengirim pesan yang kuat kepada pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan menunjukkan bahwa Suriah semakin dikucilkan oleh dunia internasional.

Skorsing itu dilakukan selagi Dewan Keamanan PBB berencana hendak mengadakan pertemuan untuk membahas situasi di Suriah. Mandat untuk misi pemantau PBB di negara itu akan berakhir hari Minggu.

Pimpinan urusan kemanusiaan PBB Valerie Amos mengatakan kepada wartawan di Damaskus bahwa sebanyak 2,5 juta warga Suriah membutuhkan bantuan disebabkan kekerasan di negara itu.

Juga hari Kamis, Human Rights Watch yang berbasis di Amerika mengatakan pengeboman oleh pesawat tempur Suriah terhadap kota Azaz di perbatasan utara yang dikuasai pemberontak menewaskan lebih dari 40 warga sipil dan melukai lebih dari 100 lainnya.

Wartawan VOA Scott Bobb sedang berada di Azaz untuk mewawancari seorang komandan pemberontak setempat, ketika bom yang dijatuhkan pesawat tempur MIG angkatan bersenjata Suriah meledak kira-kira 3 blok jauhnya.
XS
SM
MD
LG