Tautan-tautan Akses

AS Prihatin atas Pengepungan Mobil Dubes AS di Beijing


Demonstran Tiongkok mengepung kendaraan Duta Besar AS Gary Locke dalam aksi anti-Jepang di Beijing hari Selasa (18/9).

Demonstran Tiongkok mengepung kendaraan Duta Besar AS Gary Locke dalam aksi anti-Jepang di Beijing hari Selasa (18/9).

Demonstran Tiongkok mengelilingi mobil duta besar Amerika Gary Locke dan melemparinya, serta merintanginya masuk ke kedutaan besar AS di Beijing, Selasa (18/9) pada puncak protes anti-Jepang.

Pemerintah Amerika menyatakan keprihatinan atas sebuah insiden di mana puluhan demonstran mengelilingi mobil duta besar Amerika Gary Locke dan melemparinya, serta merintanginya masuk ke kedutaan besar Amerika di Beijing.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Victoria Nuland mengatakan, pihak berwenang Tiongkok telah menyatakan penyesalan atas insiden hari Selasa itu, yang terjadi pada hari memuncaknya protes anti-Jepang di seantero Tiongkok.

Locke mengatakan kepada wartawan ia tidak kurang suatu apa dan tidak merasa terancam bahaya selama insiden itu.

Namun ia menambahkan telah menemui para pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok untuk menyatakan keprihatinan dan mendesak mereka agar berbuat sekuat tenaga melindungi personil kedutaan besar Amerika.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei menyebut insiden itu sebagai kasus yang berdiri sendiri, tetapi menegaskan bahwa pihaknya sedang melakukan penyidikan.
XS
SM
MD
LG