Tautan-tautan Akses

AS Prihatin dengan Sengketa atas Pulau-pulau di Laut Cina Selatan


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates di acara pertemuan Menhan-menhan ASEAN di Hanoi.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates di acara pertemuan Menhan-menhan ASEAN di Hanoi.

Menurut Menhan Gates, AS khawatir dengan munculnya klaim Tiongkok yang semakin kuat atas kepulauan di Laut Cina Selatan.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengungkapkan keprihatinan Amerika mengenai pelayaran bebas melalui perairan-perairan Asia.

Gates menyampaikan keprihatinannya tersebut pada hari Selasa dalam pertemuan para menteri pertahanan di Vietnam. Menurut Gates, AS khawatir karena munculnya klaim Tiongkok yang semakin kuat atas kepulauan di Laut Cina Selatan. Beberapa anggota ASEAN juga telah menyatakan klaim atas pulau-pulau tersebut.

Menteri Pertahanan Tiongkok Liang Quanglie, mencoba meredakan kekhawatiran itu pada pertemuan pertama para menteri pertahanan dari ASEAN dan delapan mitra dialog perhimpunan tersebut. Ia mengatakan perkembangan militer Tiongkok bersifat pertahanan dan tidak bertujuan untuk menantang atau mengancam siapapun.

Tapi, Tiongkok marah ketika Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton memperlihatkan minatnya pada pertikaian mengenai Laut Cina Selatan dalam forum keamanan Asia pada bulan Juli.

XS
SM
MD
LG