Tautan-tautan Akses

AS

AS Pertimbangkan Simpan Persenjataan Berat di Eropa Timur


Ukraina

Ukraina

AS mempertimbangkan untuk menyimpan persenjataan berat dan perlengkapan militer di beberapa negara Balkan dan Eropa Timur, kata para pejabat hari Sabtu (13/6).

Usulan itu dikatakan untuk mengirimkan pesan kuat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa AS akan datang untuk membela sekutu-sekutu NATO di Eropa Timur.

Langkah itu dilaporkan pertama kali dalam The New York Times hari Sabtu.

Ketegangan sudah tinggi di Eropa Timur setelah aneksasi Rusia atas semenanjung Krimea di Ukraina dan konflik di Ukraina yang terus berlanjut.

The Times mengatakan Menteri Pertahanan Ash Carter dan Gedung Putih harus menyetujui usulan yang akan mengerahkan perlengkapan dan persenjataan itu ke Bulgaria, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Romania dan kemungkinan Hungaria.

"Kalau sesuatu terjadi, kita tidak bisa menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk perlangkapan lebih banyak,” Raimonds Vejonis, menteri pertahanan Latvia kepada The New York Times. "Kita harus bertindak segera.”

Jika disetujui, usulan itu akan mengakibatkan ditempatkannya perlangkapan militer berat di beberapa negara yang pernah dipengaruhi Soviet untuk pertama kalinya sejak berakhirnya Perang Dingin.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG