Tautan-tautan Akses

AS Pertegas Sikap terhadap Pelanggaran HAM Nigeria


Menlu AS John Kerry mengatakan 'sangat prihatin' bahwa pasukan keamanan Nigeria melakukan pelanggaran HAM berat (foto: dok).

Menlu AS John Kerry mengatakan 'sangat prihatin' bahwa pasukan keamanan Nigeria melakukan pelanggaran HAM berat (foto: dok).

Departemen Luar Negeri AS memperingatkan Nigeria bahwa kegagalan penanganan pelanggaran HAM bisa berdampak pada masa depan bantuan keamanan AS.

Amerika agaknya mengambil sikap lebih keras terhadap Nigeria sehubungan tuduhan pelanggaran HAM, sementara negara Afrika itu berupaya membasmi militan Islam di utara.

Kerjasama keamanan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan Amerika memberikan hampir 2 juta dolar ke Nigeria tahun ini untuk biaya militer, pelatihan dan pendidikan.

Namun Departemen Luar Negeri AS memperingatkan Nigeria bahwa tindakan "tangan besi" di utara dan kegagalan penanganan pelanggaran HAM bisa berdampak pada masa depan bantuan keamanan Amerika.

Hari Jumat, Menteri Luar Negeri John Kerry mengatakan Amerika "sangat prihatin" atas apa yang disebutnya tuduhan-tuduhan yang bisa dipercaya bahwa pasukan keamanan Nigeria melakukan pelanggaran HAM berat. Ia mengatakan pelanggaran semacam itu hanya akan meningkatkan kekerasan dan memicu lebih banyak aksi ekstrimis.

Tidak seperti pernyataan Amerika sebelumnya, pernyataan terbaru ini tidak menyebutkan tentang kemitraan Amerika dengan Nigeria.

Nigeria adalah penerima bantuan luar negeri Amerika terbesar kedua di Afrika, sekitar 600 juta dolar setiap tahun - sebagian besar dialokasikan untuk program kesehatan, pemerintahan dan pembangunan.

Amerika juga merupakan mitra dagang terbesar Nigeria dan membeli hampir 40 persen dari total ekspor minyak mentah Nigeria.
XS
SM
MD
LG