Tautan-tautan Akses

AS Peringatkan Rusia akan Sanksi Tambahan Perihal Ukraina


Para demonstran Ukraina membawa bendera Ukraina ukuran raksasa dalam sebuah aksi protes pro-Ukraina di Donetsk, Ukraina (17/4/2014).

Para demonstran Ukraina membawa bendera Ukraina ukuran raksasa dalam sebuah aksi protes pro-Ukraina di Donetsk, Ukraina (17/4/2014).

Pemerintahan Obama memperingatkan Rusia bahwa negara itu bisa menghadapi sanksi-sanksi tambahan jika tidak mematuhi perjanjian internasional baru mengenai Ukraina atau memindahkan pasukannya di perbatasan ke Ukraina timur.

Penasihat keamanan nasional Presiden Barack Obama, Susan Rice, mengatakan kepada para wartawan di Gedung Putih hari Jumat bahwa sikap Amerika mengenai hal itu jelas dan mitra-mitra Eropa-nya “tetap siap untuk menerapkan biaya tambahan terhadap Rusia” jika tidak mematuhi kewajibannya.

Dia mengatakan “jika terjadi eskalasi dramatis,” seperti pergerakan pasukan, biaya dan sanksi itu bisa mencakup apa yang disebutnya “sektor-sektor” ekonomi Rusia “yang sangat signifikan.”

Rice menekankan pernyataan sebelumnya yang disampaikan juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki bahwa Amerika yakin Rusia memikul beban tanggungjawab untuk menggunakan pengaruhnya dalam upaya mengekang dan menarik militan-militan pro-Rusia yang menduduki bangunan-bangunan pemerintah di Ukraina timur.

Tetapi pemimpin militan pro-Rusia Denis Pushilin di Ukraina timur sebelumnya mengatakan bahwa para anggotanya tidak terikat perjanjian itu dan hanya akan mundur jika pemerintah Ukraina mengundurkan diri.
XS
SM
MD
LG