Tautan-tautan Akses

AS

AS Ingatkan Mesir Soal Penangkapan Sewenang-wenang Morsi


Para anggota Muslim Brotherhood dan pendukung presiden terguling Mohamed Morsi memegang posternya menyusul pernyataan kudeta dari militer (3/7).

Para anggota Muslim Brotherhood dan pendukung presiden terguling Mohamed Morsi memegang posternya menyusul pernyataan kudeta dari militer (3/7).

Pemerintah AS memperingatkan Mesir agar menghindari penangkapan sewenang-wenang terhadap presiden terguling Mohamed Morsi dan para pendukungnya.

Gedung Putih memperingatkan pejabat-pejabat Mesir agar menghindari penangkapan sewenang-wenang terhadap presiden terguling Mohamed Morsi dan para pendukungnya.

Pada Kamis, Presiden Barack Obama bertemu para anggota tim keamanan nasional, beberapa dari mereka sudah melakukan hubungan telepon dengan pejabat-pejabat tinggi di Mesir dan negara-negara Timur Tengah lain.

Menurut Gedung Putih, para pejabat Amerika menekankan kepada pejabat-pejabat Mesir, tanggung jawab semua kelompok dan pihak-pihak di Mesir untuk menghindari kekerasan, dan menyerukan kembali ke pemerintahan sipil terpilih sesegera mungkin.

Pemenang hadiah Nobel, diplomat Mesir Mohamed ElBaradei pada Kamis (4/7) kepada koran New York Times mengatakan pengambilalihan militer adalah "pilihan yang paling tidak menyakitkan" bagi Mesir. Ia menjelaskan, tidak ada proses menurunkan presiden di negara itu tetapi jutaan orang menuntut mundurnya Morsi "dengan kaki mereka di Tahrir Square." Menurut ElBaradei, Mesir tidak bisa menunggu "bahkan seminggu lagi."

Juga pada Kamis, Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-moon menyerukan pembicaraan di Mesir yang akan mencakup "semua bagian" spektrum politik negara itu. Para pemimpin NATO dan Eropa juga telah mendesak agar Mesir menahan diri, sementara Uni Afrika akan mempertimbangkan apakah akan membekukan keanggotaan Mesir atau tidak.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG