Tautan-tautan Akses

AS Peringatkan Korut Soal Ujicoba Rudal


Warga Seoul berdiri disamping gambar rudal Korea Utara.

Warga Seoul berdiri disamping gambar rudal Korea Utara.

Kekhawatiran ujicoba rudal ini setelah Pyongyang mengeluarkan peringatan “larangan memasuki” perairan lepas pantai barat.

Amerika memperingatkan Korea Utara mengenai meningkatnya ketegangan, setelah Korea Utara mengeluarkan peringatan “larangan memasuki” perairan lepas pantai barat semenanjung Korea dan menimbulkan kekhawatiran akan adanya ujicoba rudal bertepatan dengan peringatan 60 tahun Perang Korea.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan peringatan perang itu seharusnya merupakan saat bagi Korea Utara untuk mengurangi ketegangan. Ia mengingatkan ujicoba rudal tentu merupakan langkah yang salah.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan larangan Korea Utara, tidak boleh memasuki lepas pantai barat itu, berlaku sampai hari Minggu. Seorang jurubicara militer mengatakan tidak ada gerakan yang tidak biasa yang telah terdeteksi, namun peringatan serupa pernah disampaikan sebelum ujicoba-ujicoba rudal di masa lalu.

Presiden Korea Selatan memperingati 60 tahun pecahnya perang Korea itu hari Jumat dengan menyerukan Unifikasi damai dengan Korea Utara, sementara di Korea Utara, pejabat-pejabat mengadakan demo anti-Amerika dan bertekad meningkatkan kemampuan nuklir mereka.



XS
SM
MD
LG