Tautan-tautan Akses

AS Peringatkan Kemungkinan Serangan Teror di Eropa


Pasukan keamanan Perancis melakukan patroli di dekat menara Eiffel di Paris (foto: dok).

Pasukan keamanan Perancis melakukan patroli di dekat menara Eiffel di Paris (foto: dok).

Deplu AS mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) bagi warga Amerika terhadap kemungkinan serangan teroris di seluruh Eropa.

Departemen Luar Negeri Amerika telah mengeluarkan peringatan perjalanan bagi warga Amerika terhadap kemungkinan serangan teroris di seluruh Eropa, yang menarget acara-acara besar, lokasi turis, wisatawan, pusat-pusat perdagangan dan transportasi.

Peringatan Perjalanan yang berlaku hingga 31 Agustus 2016 itu menyatakan “sejumlah besar wisatawan yang berkunjung ke Eropa pada musim panas ini akan menjadi sasaran empuk serangan teroris di tempat-tempat umum, khususnya pada acara-acara besar”.

Secara khusus peringatan itu menyebut Kejuaraan Sepak Bola Eropa yang dilangsungkan mulai 10 Juni hingga 10 Juli mendatang, lomba balap sepeda “Tour de France” mulai tanggal 2 – 24 Juli di Perancis, dan Catholic Church’s World Youth Day di Krakow, Polandia antara tanggal 26-31 Juli, yang diperkirakan akan menarik sekitar 2,5 juta pengunjung.

Meskipun pihak berwenang Eropa terus mengambil langkah-langkah untuk menjaga keamanan umum dan mencegah serangan teroris, Departemen Luar Negeri Amerika menyerukan kepada warga Amerika untuk waspada ketika berada di tempat-tempat umum atau menggunakan transportasi umum.

Brussels menjadi sasaran teroris ISIS Maret lalu, yang menewaskan 32 orang dalam pemboman di bandara dan stasiun kereta api negara itu. ISIS juga menyerang Paris November lalu, menewaskan 130 orang. [em/ii]

XS
SM
MD
LG