Tautan-tautan Akses

AS

AS Peringatkan ISIS Punya Kemampuan Cetak Paspor


Para penumpang tiba dari luar negeri di Bandara Internasional Los Angeles menggunakan kios baru untuk memeriksa paspor secara otomatis (Foto: dok).

Para penumpang tiba dari luar negeri di Bandara Internasional Los Angeles menggunakan kios baru untuk memeriksa paspor secara otomatis (Foto: dok).

Badan Imigrasi dan Bea Cukai Amerika menyebutkan, ISIS memiliki akses ke mesin-mesin pencetak paspor Suriah, paspor-paspor kosong dan data biografi otentik warga negara Suriah.

Pemerintah Amerika mengeluarkan sebuah peringatan baru bahwa kelompok Negara Islam (ISIS) kemungkinan memiliki kemampuan membuat paspor palsu Suriah yang semakin mirip dengan yang sesungguhnya, sehingga muncul kekhawatiran bahwa para ekstremis kemungkinan bisa menyusup masuk ke Barat.

Sebuah laporan dari Badan Imigrasi dan Bea Cukai Amerika menyebutkan, ISIS memiliki akses ke mesin-mesin pencetak paspor Suriah, paspor-paspor kosong dan data biografi otentik warga negara Suriah. Laporan, yang sebagian dipublikasikan CNN hari Jumat, itu disampaikan ke badan-badan penegak hukum AS, yang semakin mengkhawatirkan keamanan perbatasan menyusul beberapa serangan teroris terkait ISIS baru-baru ini.

Menurut ABC News, laporan itu mengingatkan bahwa mungkin saja ada orang-orang dari Suriah dengan paspor yang dikeluarkan di kota-kota yang dikontrol ISIS, atau dengan paspor baru yang masih kosong, bepergian ke AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, John Kirby, Jumat (11/12) mengatakan, pihak berwenang menanggapi secara serius ancaman itu dan para petugas konsuler terlatih untuk mendeteksi dokumen-dokumen palsu.

Banyak legislator di AS khawatir sejumlah ekstremis kemungkinan akan menyusup ke AS dengan berpura-pura sebagai pengungsi yang berusaha menghindari kekerasan di Suriah. Mereka keberatan dengan rencana Gedung Putih yang akan mengizinkan 10 ribu pengungsi Suriah memasuki AS.

Kecemasan meningkat setelah diketahui bahwa sedikitnya salah satu militan yang terlibat dalam serangan di Paris menyusup masuk ke Eropa melalui arus pengungsi. [ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG