Tautan-tautan Akses

AS

AS Peringati 73 Tahun Serangan Jepang atas Pearl Harbor


Kapal induk AS, USS Nevada di Pearl Harbor, mendapat serangan udara dari pesawat Jepang pada 7 Desember 1941 (foto: dok).

Kapal induk AS, USS Nevada di Pearl Harbor, mendapat serangan udara dari pesawat Jepang pada 7 Desember 1941 (foto: dok).

Hari Minggu (7/12) menandai peringatan 73 tahun serangan Jepang terhadap pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbor di Hawaii.

Hari Minggu (7/12) menandai peringatan 73 tahun serangan Jepang terhadap pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbor di Hawaii, tetapi peringatan kali ini diselenggarakan secara sederhana.

Tahun 1941 Presiden Amerika Franklin D. Roosevelt mengumumkan serangan tanggal 7 Desember sebagai “hari yang akan dikenang sebagai hari sangat terkutuk”.

Sehari kemudian Amerika menyatakan perang terhadap Jepang dan Amerika terlibat dalam Perang Dunia Kedua. Lebih dari 2.400 personil angkatan laut Amerika dan lainnya tewas dalam serangan di Hawaii – yang kini menjadi negara bagian di tengah Samudera Pasifik.

Presiden Barack Obama mengeluarkan pengumuman yang menyatakan hari Minggu ini sebagai Hari Mengenang Serangan Pearl Harbor, dan mengingatkan kembali akan jasa dari 'Generasi Paling Hebat' yang mengorbankan jutaan warga Amerika dalam perang “guna menjadikan dunia lebih aman, lebih bebas dan lebih adil”.

Tetapi Obama tidak berencana menghadiri upacara peringatan apapun hari ini. Sebuah karangan bunga diletakkan di Pearl Harbor, di mana mereka yang selamat mengenang serangan Minggu pagi itu.

Kini Jepang merupakan sekutu terdekat Amerika dan jumlah veteran Amerika yang pernah ikut dalam Perang Dunia Kedua semakin berkurang. Kini hanya tinggal satu juta dari 16 juta veteran yang masih hidup.

XS
SM
MD
LG