Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Peringati 74 Tahun Serangan Jepang di Pearl Harbor


Kapal Angkatan Laut Amerika USS Nevada saat berperang melawan Jepang dalam serangan di Pearl Harbor, Hawaii. 7 Desember 1941 (Foto: dok)

Kapal Angkatan Laut Amerika USS Nevada saat berperang melawan Jepang dalam serangan di Pearl Harbor, Hawaii. 7 Desember 1941 (Foto: dok)

Tahun 1941, Presiden Amerika Franklin Roosevelt menyatakan serangan 7 Desember akan diingat sebagai “tanggal terjadinya keburukan,” dan Amerika menyatakan perang terhadap Jepang sehari kemudian dan menjadi terlibat dalam Perang Dunia Kedua.

Hari ini genap 74 tahun lalu serangan Jepang terhadap pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbor, Hawaii.

Tahun 1941, Presiden Amerika Franklin Roosevelt menyatakan serangan 7 Desember akan diingat sebagai “tanggal terjadinya keburukan,” dan Amerika menyatakan perang terhadap Jepang sehari kemudian dan menjadi terlibat dalam Perang Dunia Kedua. Lebih dari 2.400 tentara laut Amerika dan lain-lain tewas dalam serangan diam-diam Jepang terhadap apa yang sekarang negara bagian pulau Amerika di tengah Samudera Pasifik itu.

Sekarang, Jepang adalah sekutu kuat Amerika dan ada sejumlah veteran Amerika yang lanjut usia yang berkurang dengan cepat yang turut berperang dalam Perang Dunia kedua.

Namun, seorang veteran yang berusia 110 tahun – Frank Levingston dari negara bagian Lousiana – akan menjadi tamu kehormatan dalam upacara Mengenang Pearl Harbor di Tugu Perang Dunia Kedua di Washington.

Dan Dinas Taman Nasional bersama Angkatan Laut Amerika akan mengadakan upacara mengenang peristiwa tersebut di dermaga Kilo Pier, Pearl Harbor. [gp]

XS
SM
MD
LG