Tautan-tautan Akses

AS

AS Peringati 50 Tahun Kematian JFK


Presiden John F. Kennedy dan istrinya Jacqueline dalam limusin sebelum terjadinya penembakan.

Presiden John F. Kennedy dan istrinya Jacqueline dalam limusin sebelum terjadinya penembakan.

Presiden Barack Obama telah memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di seluruh Amerika untuk menghormati mendiang presiden itu.

Amerika Serikat memperingati 50 tahun kematian Presiden John F. Kennedy Jumat (22/11) dengan upacara-upacara peringatan dan mengheningkan cipta.

Presiden Barack Obama memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di seluruh Amerika untuk menghormati mendiang presiden itu, yang ditembak mati pada tahun ketiga masa jabatannya sebagai presiden.

Lonceng gereja dibunyikan di Dallas, Texas – kota di bagian barat-daya Amerika tempat Presiden Kennedy ditembak mati. Acara-acara mengheningkan cipta juga diadakan di tempat-tempat yang penting dalam kehidupan presiden yang dibunuh itu.

Sejarawan pemenang Hadiah Pulitzer, David McCullough membaca sebagian dari pidato-pidato Presiden Kennedy.

Jaringan televisi CBS menyiarkan langsung berita-berita dari upacara tersebut.

Obama telah menyebut pendahulunya yang sangat dihormati itu “abdi masyarakat yang luar biasa” yang mempunyai visi yang luas dan idealisme yang kuat. Obama meletakkan karangan bunga di makam Presiden Kennedy di Taman Pahlawan Nasional Arlington Rabu.

Survei menunjukkan bahwa Kennedy adalah presiden paling populer selama setengah abad terakhir, dengan 90 persen rakyat mendukung kebijakan-kebijakannya. Tidak ada presiden lain yang kepopulerannya mendekati peringkat itu.

Kennedy berusia 46 tahun dan menduduki jabatan selama sekitar seribu hari ketika ditembak pada kepalanya selagi naik limusin terbuka.
XS
SM
MD
LG