Tautan-tautan Akses

AS

AS Penjarakan Pria Pakistan karena Rencanakan Serangan al-Qaida


Sketsa gambar di ruang sidang, Abid Naseer (kiri) didampingi pengacaranya di pengadilan New York (foto: dok).

Sketsa gambar di ruang sidang, Abid Naseer (kiri) didampingi pengacaranya di pengadilan New York (foto: dok).

Abid Naseer dinyatakan bersalah karena mendukung al Qaida, bersekongkol memberi dukungan material kepada al Qaida dan bersekongkol untuk menggunakan bom.

Pengadilan AS telah menjatuhkan hukuman penjara 40 tahun bagi seorang laki-laki Pakistan karena merencanakan membom pusat perbelanjaan di Inggris.

Abid Naseer, usia 29 tahun dinyatakan bersalah awal tahun ini karena mendukung al Qaida, bersekongkol memberi dukungan material kepada al Qaida dan bersekongkol untuk menggunakan bom.

"Anda bukan penjahat biasa," kata Hakim Raymond Dearie kepada Naseer di pengadilan federal AS di Brooklyn, Selasa. "Anda seorang teroris ."

Naseer pertama kali ditangkap di Inggris pada tahun 2009 di mana ia memimpin sel al Qaida yang merencanakan serangan terhadap mal Manchester. Pemboman yang direncanakan itu adalah bagian dari rencana t terkoordinasi yang juga termasuk serangan di atas jaringan kereta api bawah tanah New York City dan sebuah koran di Denmark.

Meskipun ia tidak pernah dituntut di Inggris, ia diekstradisi ke Amerika tahun 2013 untuk menghadapi tuduhan terkait rencana pemboman kereta api bawah tanah.

Dua orang lainnya, Najibullah Zazi dan Zarein Ahmedzay , telah mengaku bersalah di AS atas tuduhan berencana menteror kereta api bawah tanah di New York.

Naseer, yang mewakili dirinya sendiri di pengadilan, dibesarkan di Peshawar, Pakistan dan menyebut dirinya pemain kriket semi- profesional. Dia mengatakan akan naik banding. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG