Tautan-tautan Akses

AS: Pencarian Pesawat Malaysia Bisa Diperluas ke Samudera Hindia


Salah seorang tentara AU Malaysia menggunakan teropong di atas pesawat CN235 saat melakukan operasi pencarian pesawat di atas Selat Malaka (12/3).

Salah seorang tentara AU Malaysia menggunakan teropong di atas pesawat CN235 saat melakukan operasi pencarian pesawat di atas Selat Malaka (12/3).

Juru bicara Gedung Putih hari Kamis (13/3) mengatakan ada informasi baru bahwa pesawat Malaysia Airlines mungkin keluar dari jalur penerbangan semestinya.

Amerika mengatakan pencarian pesawat jet Malaysia yang hilang bisa diperluas ke Samudra Hindia, jauh ke bagian barat dari posisi kontak terakhir dengan pesawat yang membawa 239 orang itu.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney hari Kamis (13/3) mengatakan ada informasi baru meskipun tidak konklusif bahwa Boeing 777 mungkin keluar dari jalur penerbangan semestinya dari Kuala Lumpur menuju Beijing dan mengarah ke Samudra Hindia.

Carney mengatakan Amerika sedang berkonsultasi dengan negara-negara lain yang terlibat dalam pencarian besar-besaran untuk menemukan pesawat jet itu untuk melihat apakah kapal dan pesawat sudah dikerahkan ke Samudra Hindia untuk memperluas operasi pencarian.

Pencarian pesawat jet Malaysia yang hilang itu di perairan yang luas di Asia telah berlangsung selama enam hari.

Banyak teori mengenai apa yang terjadi pada jet itu hari Sabtu, dari teroris yang membajak pesawat, sampai bencana tidak berfungsinya pesawat, hingga pilot yang melakukan bunuh diri.

Menteri Transportasi Hishamuddin Hussein menolak laporan bahwa pesawat 370 masih terbang selama beberapa jam setelah kontak terakhirnya dan mengatakan gambar-gambar dari satelit China yang katanya menunjukkan reruntuhan pesawat itu di perairan Vietnam selatan terbukti tidak berdasar. Ia mengatakan “kami telah mengerahkan kapal dan pesawat terbang kami, tapi tidak menemukan apapun”

Hishamuddin mengatakan Malaysia Airlines meminta Boeing dan pembuat mesin Rolls Royce untuk menjelaskan mengenai data yang katanya menunjukkan pesawat itu mungkin terbang sejauh 4.000 kilometer lagi atau selama empat jam.

Laporan Wall Street Journal hari Kamis mengutip keyakinan pejabat Amerika berdasarkan data yang dikirim secara otomatis oleh mesin pesawat itu ke darat.

Foto-foto satelit China muncul hari Rabu dan media pemerintah China mengatakan foto-foto itu menunjukkan tiga benda yang cukup besar dekat jalur semestinya pesawat itu menuju Beijing. Tapi Hishamuddin mengatakan Malaysia kemudian mengontak Kedutaan China yang mengatakan foto-foto itu dirilis secara tidak sengaja dan tidak menunjukkan reruntuhan apapun dari pesawat itu.

Sementara itu, Kamboja mengatakan telah memberi ijin Vietnam untuk menggunakan wilayah udaranya untuk mencari pesawat Malaysia Airlines yang hilang.

Keo Sivorn, Kepala Departemen Penerbangan Sipil Kamboja hari Kamis mengatakan pesawat Vietnam telah terbang di atas wilayah Kamboja sejak hari Rabu.

Sebelumnya minggu ini pejabat Kamboja mengatakan tidak akan mengirim tim bantuan untuk ikut dalam pencarian yang kini melibatkan lebih dari 80 kapal dan pesawat udara dari 12 negara. Juru bicara pemerintah Phay Siphan hari Kamis mengatakan bahwa Kamboja bersedia membantu sesuai kemampuan mereka.
XS
SM
MD
LG