Tautan-tautan Akses

AS

AS: Penahanan Keluarga Delegasi oleh Suriah Menentang Pembicaraan Damai


Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki (Foto: dok).

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki (Foto: dok).

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki, Rabu malam (26/2) meminta pemerintah Presiden Bashar al-Assad untuk segera membebaskan orang-orang yang menurutnya telah ditahan secara tidak adil.

Amerika Serikat mengatakan pemerintah Suriah menentang dukungan masyarakat internasional pada pembicaraan damai negara itu, setelah penahanan yang dilaporkan orang-orang yang berhubungan dengan delegasi oposisi yang mengambil bagian dalam perundingan itu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki dalam sebuah pernyataan Rabu malam (26/2) mengatakan bahwa siasat tersebut "bukan perilaku baru" dan meminta pemerintah Presiden Bashar al-Assad untuk segera membebaskan orang-orang yang menurutnya telah ditahan secara tidak adil.

Dia menyoroti kasus Mahmoud Sabra, saudara seorang delegasi oposisi yang menurut Koalisi Nasional Suriah pekan lalu ditangkap di sebuah pos pemeriksaan dan diduga ditahan oleh pasukan keamanan di Damaskus selatan.

Sejauh ini, dua putaran pembicaraan damai dengan utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi tidak banyak menghasilkan kemajuan. Namun Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menanggapi para pengeritik hari Rabu (26/2), dengan mengatakan adalah "bodoh" untuk menyebut proses itu sebagai sebuah kegagalan.
XS
SM
MD
LG