Tautan-tautan Akses

AS: Pemimpin Kelompok Teror Haqqani Tewas di Pakistan


Tentara Pakistan siaga di sebuah pos di Waziristan Utara. Serangan pesawat tak berawak AS menewaskan pemimpin jaringan Haqqani di Waziristan utara, Kamis (13/10).

Tentara Pakistan siaga di sebuah pos di Waziristan Utara. Serangan pesawat tak berawak AS menewaskan pemimpin jaringan Haqqani di Waziristan utara, Kamis (13/10).

Janbaz Zadran, yang juga dikenal dengan nama 'Jamil', tewas hari Kamis dekat basis Haqqani di kota Miranshah, Waziristan Utara.

Amerika Serikat mengatakan seorang pemimpin kelompok militan jaringan Haqqani yang memainkan peran utama dalam serangan terhadap pasukan koalisi telah tewas di Pakistan.

Seorang pejabat Amerika mengatakan Janbaz Zadran, yang juga dikenal dengan nama “Jamil”, tewas hari Kamis dekat basis Haqqani di Miranshah, Waziristan Utara. Ia mengatakan Zadran adalah pemimpin paling senior Haqqani yang telah ditewaskan di Pakistan.

Pejabat itu mengatakan bahwa Zadran memainkan peran utama dalam membantu jaringan Haqqani menyerang Amerika dan koalisi di Kabul dan Afghanistan tenggara.

Sebelumnya hari Kamis, pejabat intelijens Pakistan mengatakan bahwa serangan pesawat tak berawak Amerika telah menewaskan seorang anggota senior Haqqani. Mereka mengatakan paling sedikit 3 militan lainnya juga tewas ketika pesawat tak berawak itu menembakkan misil ke sebuah kompleks Haqqani di desa Dande Darpa Khel.

Para pejabat Pakistan menyebut nama pria yang tewas dalam serangan hari Kamis Jalil Haqqani, seorang warga Afghanistan, komandan jaringan militan itu yang kabarnya berbasis di daerah suku terpencil Waziristan Utara dan ia sangat dekat dengan Sirajuddin Haqqani, pemimpin jaringan militan itu.

Serangan pesawat yang kedua hari Kamis menewaskan 6 militan di Waziristan Selatan. Serangan itu terjadi ketika utusan khusus Amerika untuk Pakistan dan Afghanistan, Marc Grossman, bertemu dengan para pemimpin Pakistan di Islamabad.

XS
SM
MD
LG