Tautan-tautan Akses

AS: Pasukan Semula Hendak Tangkap Bin Laden Hidup-hidup


Kepala Penasehat Kontraterorisme, John Brennan, berbicara kepada para wartawan di Gedung Putih, Senin (2/5).

Kepala Penasehat Kontraterorisme, John Brennan, berbicara kepada para wartawan di Gedung Putih, Senin (2/5).

Menurut pejabat kontraterorisme AS, pasukan Navy Seals yang menggerebek tempat persembunyian semula tidak berencana menewaskan Osama bin Laden di tempat.

Pejabat tertinggi kontra-terorisme Presiden Obama mengatakan pasukan Amerika semula hendak menangkap Osama Bin Laden hidup-hidup sekiranya ada kesempatan.

Pejabat tersebut, John Brennan, mengatakan demikian kepada wartawan di Gedung Putih, namun menambahkan bahwa sikap bin Laden yang mengancam membuat anggota pasukan melepaskan dua tembakan ke arah pemimpin Al-Qaida itu.

Bin Laden pun tewas dalam serangan dengan pasukan Navy Seals AS tersebut, yang turun dari helikopter dalam operasi malam hari di Abbottabad, sekitar 120 kilometer sebelah utara Islamabad.

Brennan menyebut kematian itu sebagai pukulan strategis terhadap Al-Qaida. Ia mengatakan para pejabat memantau penggrebekan dari Gedung Putih ketika sedang terjadi, dan menyebutnya sebagai saat yang penuh ketegangan. Ia mengatakan Amerika tidak mengetahui dengan pasti bahwa bin Laden berada di kompleks itu.

Brennan mengatakan pihak berwenang Amerika tidak memberitahu Pakistan mengenai operasi itu, sampai setelah pasukan Amerika keluar dari wilayah angkasa Pakistan. Ia mengatakan saat yang tegang dalam penggrebekan terjadi ketika salah satu helikopter mengalami kerusakan mesin.

Dalam tanya jawab dengan wartawan setelah menyampaikan pernyataannya, Brennan menolak berspekulasi mengenai dukungan apa yang mungkin diperoleh bin Laden di Pakistan.

XS
SM
MD
LG